Sinuraya, Firdaus Eka Ngenca (2024) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan Video TikTok Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071032-COVER.pdf Download (549kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071032-ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071032-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media TikTok dan pembelajaran model direct instruction. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan dirancang dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 329 siswa. Sampel yang digunakan dipilih dengan random assignment 69 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas, 35 orang kelas VIIIA5 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dan 34 orang kelas VIIIA6 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video TikTok. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan tes hasil belajar pilihan berganda. Data hasil belajar IPA dianalisis dengan uji t independent sample dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antar peserta didik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Media TikTok dan pembelajaran langsung. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai n-gain skor, kelas eksperimen berada pada kategori sedang sebesar 0,41 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,25 berada pada kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Firdaus Eka Ngenca Sinuraya |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 16:15 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 16:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19287 |
Actions (login required)
View Item |