Virmayanti, Ni Komang (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE (RADEC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD DI DESA BERANGBANG KECAMATAN NEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041006-COVER.pdf Download (621kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041006-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041006-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi dan hasilbelajar IPA siswa pada ranah kognitif di kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD di desa Berangbang, Kecamatan Negara yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 132 siswa. Setelah dilakukan uji kesetaraan selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dan didapatkan 2 sekolah yaitu SD Negeri 1 Berangbang dab SD Negeri 2 Berangbang. SD Negeri 1 Berangbang sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan SD Negeri 5 Berangbang sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode test dan non test. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran konvensional, hasil Fhitung pada hipotesis I sebesar 91.693 nilai signifikasnsi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga dapat, 2) terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran konvensional, hasil Fhitung pada hipotesis II sebesar 90,786 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif IPA siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC, hasil Fhitung pada hipotesis III sebesar 79.301dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran RADEC, Motivasi, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Virmayanti |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 06:47 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19343 |
Actions (login required)
View Item |