PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE (RADEC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD DI DESA BERANGBANG KECAMATAN NEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Virmayanti, Ni Komang (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE (RADEC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD DI DESA BERANGBANG KECAMATAN NEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041006-COVER.pdf

Download (621kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041006-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041006-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi dan hasilbelajar IPA siswa pada ranah kognitif di kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD di desa Berangbang, Kecamatan Negara yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 132 siswa. Setelah dilakukan uji kesetaraan selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dan didapatkan 2 sekolah yaitu SD Negeri 1 Berangbang dab SD Negeri 2 Berangbang. SD Negeri 1 Berangbang sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan SD Negeri 5 Berangbang sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode test dan non test. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran konvensional, hasil Fhitung pada hipotesis I sebesar 91.693 nilai signifikasnsi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga dapat, 2) terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran konvensional, hasil Fhitung pada hipotesis II sebesar 90,786 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif IPA siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC, hasil Fhitung pada hipotesis III sebesar 79.301dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran RADEC, Motivasi, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Komang Virmayanti
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:47
Last Modified: 22 Feb 2024 06:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19343

Actions (login required)

View Item View Item