Oktariani, Ni Luh Reza (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031137-COVER.pdf Download (994kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031137-ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031137-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031137-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031137-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031137-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031137-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031137-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di SD, serta pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini memiliki lima tujuan, yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran interaktif PBL, (2) mengetahui keberterimaan media video pembelajaran interaktif PBL, (3) mengetahui efektivitas penerapan media video pembelajaran interaktif PBL untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar, (4) mengetahui efektivitas penerapan media video pembelajaran interaktif PBL untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar, dan (5) mengetahui efektivitas penerapan media video pembelajaran interaktif PBL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar secara simultan. Terdapat lima tahapan dalam pengembangan ini, yang dilakukan menggunakan model ADDIE: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data dengan studi dokumen, angket/kuesioner, dan tes. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman angket/kuesioner dan soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan media video pembelajaran interaktif PBL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar (2) indeks validasi keberterimaan media yaitu 0,944 dengan predikat/kualifikasi sangat tinggi; (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka <0,001, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media video pembelajaran interaktif PBL efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar; (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka <0,001, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media video pembelajaran interaktif PBL efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar dan (5) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka <0,001, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media video pembelajaran interaktif PBL secara simultan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media video pembelajaran interaktif PBL, Motivasi belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH REZA OKTARIANI |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 23:58 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 23:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19874 |
Actions (login required)
View Item |