PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LITERASI DIGITAL DENGAN TOPIK DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 TANGKAS

Purniasih, Komang Sri (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LITERASI DIGITAL DENGAN TOPIK DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 TANGKAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031199-COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031199-ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031199-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031199-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031199-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031199-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031199-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan multimedia interaktif berbasis literasi digital untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 2 Tangkas ajaran 2023/2024. (2) mengetahui hasil validasi media (3) menguji respon peserta didik kelas IV dan guru terhadap media pembelajaran Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital, dan (4) menguji efektifitas Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital dengan Model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu skor validasi dari desain pembelajaran, yaitu 94% (sangat baik), ahli materi pembelajaran yaitu 94% (sangat baik), ahli media pembelajaran yaitu 96,8% (sangat baik). Hasil uji perorangan 92% (sangat baik) uji coba kelompok kecil 88,88 % (Baik). Hasil uji efektifitas juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital terhadap hasil belajar siswa siswa kelas IV SD Negeri 2 Tangkas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa multimedia interaktif berbasis literasi digital dengan model ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, hasil belajar, literasi digital, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Sri purniasih
Date Deposited: 09 Jul 2024 00:07
Last Modified: 09 Jul 2024 00:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20372

Actions (login required)

View Item View Item