Purniasih, Komang Sri (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LITERASI DIGITAL DENGAN TOPIK DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 TANGKAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031199-COVER.pdf Download (568kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031199-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031199-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031199-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031199-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031199-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031199-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan multimedia interaktif berbasis literasi digital untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 2 Tangkas ajaran 2023/2024. (2) mengetahui hasil validasi media (3) menguji respon peserta didik kelas IV dan guru terhadap media pembelajaran Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital, dan (4) menguji efektifitas Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital dengan Model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu skor validasi dari desain pembelajaran, yaitu 94% (sangat baik), ahli materi pembelajaran yaitu 94% (sangat baik), ahli media pembelajaran yaitu 96,8% (sangat baik). Hasil uji perorangan 92% (sangat baik) uji coba kelompok kecil 88,88 % (Baik). Hasil uji efektifitas juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital terhadap hasil belajar siswa siswa kelas IV SD Negeri 2 Tangkas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa multimedia interaktif berbasis literasi digital dengan model ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, hasil belajar, literasi digital, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Sri purniasih |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 00:07 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 00:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20372 |
Actions (login required)
View Item |