Wahyuni, Ni Kadek Dwi (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Geografi dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Belajar Abad-21 Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014031008-COVER.pdf Download (507kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014031008-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014031008-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran geografi pada SMA di Kota Singaraja, (2) Implikasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Geografi terhadap Keterampilan Belajar Abad-21 Siswa SMA di Kota Singaraja, (3) Keterampilan Belajar Abad-21 siswa SMA di kota Singaraja dalam pembelajaran geografi, dan (4) mendeskripsikan solusi yang digunakan guru Geografi SMA di Kota Singaraja terhadap kendala yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Deskriptif dengan sampel terdiri dari dua sekolah yaitu SMAN 3 Singaraja dan SMA Swasta Laboratorium Undiksha Singaraja yang ditentukan secara Multistage Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan survei yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif-komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran geografi pada SMA di Kota Singaraja tergolong dalam kriteria ‘Baik’ (83,4), (2) Keterampilan Belajar Abad-21 siswa SMA di kota Singaraja dalam pembelajaran geografi tergolong 'cukup' (56,32), (3) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Geografi belum memberikan implikasi terhadap Keterampilan Belajar Abad-21 Siswa SMA di Kota Singaraja, dan (4) Solusi yang digunakan guru Geografi SMA di Kota Singaraja terhadap kendala yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional terkait dengan pendekatan, strategi, metode pembelajaran, yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang sedang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Belajar, Keterampilan Belajar Abad-21, Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Wahyuni |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:20 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20677 |
Actions (login required)
View Item |