Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Geografi dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Belajar Abad-21 Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Singaraja

Wahyuni, Ni Kadek Dwi (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Geografi dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Belajar Abad-21 Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014031008-COVER.pdf

Download (507kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014031008-ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014031008-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran geografi pada SMA di Kota Singaraja, (2) Implikasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Geografi terhadap Keterampilan Belajar Abad-21 Siswa SMA di Kota Singaraja, (3) Keterampilan Belajar Abad-21 siswa SMA di kota Singaraja dalam pembelajaran geografi, dan (4) mendeskripsikan solusi yang digunakan guru Geografi SMA di Kota Singaraja terhadap kendala yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Deskriptif dengan sampel terdiri dari dua sekolah yaitu SMAN 3 Singaraja dan SMA Swasta Laboratorium Undiksha Singaraja yang ditentukan secara Multistage Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan survei yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif-komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran geografi pada SMA di Kota Singaraja tergolong dalam kriteria ‘Baik’ (83,4), (2) Keterampilan Belajar Abad-21 siswa SMA di kota Singaraja dalam pembelajaran geografi tergolong 'cukup' (56,32), (3) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Geografi belum memberikan implikasi terhadap Keterampilan Belajar Abad-21 Siswa SMA di Kota Singaraja, dan (4) Solusi yang digunakan guru Geografi SMA di Kota Singaraja terhadap kendala yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional terkait dengan pendekatan, strategi, metode pembelajaran, yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang sedang diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Keterampilan Belajar Abad-21, Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Wahyuni
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:20
Last Modified: 18 Jul 2024 07:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item