Sintyadevi, Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031148-COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031148-ABSTRAK.pdf.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031148-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031148-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031148-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031148-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031148-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031148-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (386kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031148-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SD kelas V di Gugus VIII Kecamatan Sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu desain Nonequivalent Pre Test-Post Test Control Group Desain untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan desain yang kedua yaitu One Shot-Case Study untuk mengetahui pengaruh model npembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus VIII Kecamatan Sukasada yang berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random selection. Sampel yang diperoleh yaitu SD N 1 Kayuputih Melaka sebagai kelompok eksperimen dan SD N 3 Kayuputih Melaka sebagai kelompok kontrol. Data uji hipotesis dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan analisis hipotesis 1 didapatkan (t = 2,005 > P = 0,05) dan hipotesis 2 (t = 2,048 > P = 0,05) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SD kelas V di Gugus VIII Kecamatan Sukasada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, Problem Based Learning, media visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU SINTYA DEVI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 09:39 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 09:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2308 |
Actions (login required)
View Item |