PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Sintyadevi, Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031148-COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031148-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031148-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (404kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031148-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031148-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031148-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031148-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031148-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (386kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031148-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SD kelas V di Gugus VIII Kecamatan Sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu desain Nonequivalent Pre Test-Post Test Control Group Desain untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan desain yang kedua yaitu One Shot-Case Study untuk mengetahui pengaruh model npembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus VIII Kecamatan Sukasada yang berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random selection. Sampel yang diperoleh yaitu SD N 1 Kayuputih Melaka sebagai kelompok eksperimen dan SD N 3 Kayuputih Melaka sebagai kelompok kontrol. Data uji hipotesis dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan analisis hipotesis 1 didapatkan (t = 2,005 > P = 0,05) dan hipotesis 2 (t = 2,048 > P = 0,05) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SD kelas V di Gugus VIII Kecamatan Sukasada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, Problem Based Learning, media visual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: PUTU SINTYA DEVI
Date Deposited: 27 Jul 2020 09:39
Last Modified: 27 Jul 2020 09:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2308

Actions (login required)

View Item View Item