Kesumawati, Ni Luh Dian (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER BERNALAR KRITIS DAN BERKEBINEKAAN GLOBAL PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041017-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041017-ABSTRAK.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041017-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi perencanaan dan pelaksanaan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, mendeskripsikan hasil implementasianya, serta menganalisis hambatan dan solusi dalam proses implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam mengembangkan karakter bernalar kritis dan berkebinekaan global pada peserta didik kelas X di SMAN 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam proses analisis data secara kualitatif menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Hubermen melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah berhasil terlaksana pada peserta didik kelas X di SMAN 4 Singaraja pada tahun ajaran 2023/2024. Ada beberapa tahapan yang dalam strategi perencanaan program P5 yang telah disiapkan sekolah sebagai best practices untuk mengatur kegiatan agar terstruktur yaitu melalui strategi “POACR” yang merupakan singkatan dari planning, organization, actuating, controlling, dan reflecting. Kemudian, dalam tahap pelaksanaan P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika ini pada peserta didik kelas X selama 3 bulan dengan alokasi waktu 64 JP memiliki 9 aktivitas utama dari tahap pengenalan, kontekstual, aksi, dan refleksi. Aktivitas ini menunjukan keberhasilan projek dalam mengembangkan karakter bernalar kritis dibuktikan dengan peserta didik mulai berani berpendapat, belajar menganalisis peristiwa, dan kasus tertentu. Selain itu, pada karakter berkebinekaan global peserta didik menjadi paham makna keberagaman Indonesia, dapat mempraktikan tarian dan nyanyian nusantara, dan menumbuhkan kerjasama dengan penuh toleransi. Perkembangan secara formal karakter peserta didik tersebut telah dievaluasi melalui rapot P5 yang rata-rata menunjukan peserta didik berkembang pada dimensi karakter bernalar kritis dan berkebinekaan global. Namun, dalam pelaksanaanya terdapat hambatan dan tantangan secara internal maupun eksternal yang dirasa oleh para tim fasilitator maupun peserta didik sehingga perlu evaluasi pelaksanaan projek agar menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Berpikir Kritis, Berkebinekaan Global. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Dian Kesumawati |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 10:52 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 10:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |