PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Paramita, A.A. Ega (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031186-COVER.pdf.pdf

Download (613kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031186-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031186-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031186-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031186-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031186-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031186-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031186-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611-31186-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model discovery learning berbasis outdoor study dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Panji Anom sebanyak 23 siswa dan SD Negeri 4 Panji Anom sebanyak 24 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar IPA di kelas eksperimen 77,8 termasuk kategori sangat tinggi dan di kelas kontrol 49,75 termasuk kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung sebesar 41,11 dan ttabel dengan dk = 45 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,01. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model discovery learning berbasis outdoor study dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, IPA, outdoor study
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: A.A. EGA PARAMITA
Date Deposited: 26 Jul 2020 11:20
Last Modified: 26 Jul 2020 11:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item