Mahayana, Ida Bagus Agung (2025) EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM ROOTS DALAM MENCEGAH PERUNDUNGAN DAN MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 5 AMLAPURA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329031034-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329031034-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (706kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329031034-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Agung Mahayana, Ida Bagus (2025), Evaluasi Efektivitas Program ROOTS dalam Mencegah Perundungan dan Meningkatkan Karakter Siswa di SMP Negeri 5 Amlapura. Tesis, Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Made Yudana, M.Pd. Kata Kunci: Perundungan, Program ROOTS, Evaluasi, Karakter Siswa, SMP Negeri 5 Amlapura, CIPP. Perundungan di lingkungan sekolah tetap menjadi masalah signifikan di Indonesia, berdampak pada kesejahteraan psikologis siswa dan iklim pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Program ROOTS dalam mencegah perundungan dan meningkatkan karakter siswa di SMP Negeri 5 Amlapura. Program ROOTS yang diluncurkan oleh UNICEF Indonesia sejak 2017 bertujuan menciptakan sekolah yang aman, nyaman, inklusif, serta membangun karakter positif siswa seperti empati, toleransi dan keberanian. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 85 responden, yang meliputi 76 siswa dan 9 guru. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis skor-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program ROOTS efektif dalam mengurangi perundungan dan meningkatkan karakter siswa di SMP Negeri 5 Amlapura. Berdasarkan analisis skor-T pada empat variabel (Context, Input, Process dan Product), ditemukan hasil yang menunjukkan efektivitas program secara keseluruhan. Variabel Context menghasilkan 61 skor positif (+) dan 24 negatif (-), menunjukkan bahwa konteks pelaksanaan program sangat efektif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif. Variabel Input mencatat 46 skor positif (+) dan 39 negatif (-), menunjukkan bahwa input program sudah baik, meskipun perlu peningkatan dalam hal sumber daya dan pelatihan pendidik. Variabel Process memperoleh 66 skor positif (+) dan 19 negatif (-), yang menandakan proses pelaksanaan program berjalan efektif. Variabel Product mencatat 57 skor positif (+) dan 28 negatif (-), yang menunjukkan hasil positif dalam mengurangi jumlah kasus perundungan. Evaluasi ini memberikan rekomendasi untuk memperkuat aspek input, seperti pelatihan lebih lanjut bagi guru dan peningkatan dukungan sumber daya, guna memastikan keberlanjutan dan efektivitas Program ROOTS di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | IDA BAGUS AGUNG MAHAYANA |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:49 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |