EKSPLORASI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM AKSELERASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (Studi Kasus di SMP Negeri Satap Nempong Kabupaten Manggarai Timur)

Asriadi, Paulus (2025) EKSPLORASI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM AKSELERASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (Studi Kasus di SMP Negeri Satap Nempong Kabupaten Manggarai Timur). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329031022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329031022-ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329031022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329031022-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asriadi, Paulus (2025), Eksplorasi kepemimpinan kepala sekolah dalam akselerasi implementasi kurikulum merdeka (Studi Kasus di SMP Negeri Satap Nempong Kabupaten Manggarai Timur). Tesis, Admnistrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Basilius Redan Werang, SS., S.Sos, JCL dan Pembimbing II Dr. Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE., Ak, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Akselerasi Kurikulum Merdeka, SMP Negeri Satap Nempong Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang kepemimpinan instruksional kepala sekolah dalam mempercepat implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Satap Nempong. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa sekolah tersebut awalnya terdaftar sebagai mandiri berubah dalam implementasi Kurikulum Merdeka, tetapi dalam praktiknya telah mencapai tahap mandiri berbagi. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah telah berhasil melampaui tahap mandiri belajar, sebagaimana dibuktikan oleh peran guru dalam mengimbaskan Kurikulum Merdeka ke sekolah lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri Satap Nempong. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur berdasarkan panduan yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan kepemimpinan instruksional secara efektif melalui empat aspek utama: (1) peningkatan kompetensi guru, (2) penciptaan iklim pembelajaran yang aman dan menyenangkan, (3) peningkatan kualitas pembelajaran serta (4) penggerak utama perubahan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan instruksional kepala sekolah berperan krusial dalam mendukung percepatan implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Satap Nempong. Kebaruan penelitian ini terletak pada temuan bahwa kepala sekolah sebagai penggerak utama perubahan menjadi bagian dari kepemimpinan istruksional yang belum diungkap dalam penelitian sebelumnya. Penelitian ini merekomendasikan kepala sekolah dan pemangku kepentingan untuk mengutamakan kepemimpinan instruksional guna meningkatkan efektivitas implementasi kurikulum. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada konteks sekolah tertentu, sehingga diperlukan studi lebih lanjut pada lingkungan yang lebih luas untuk menguji generalisasi temuan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Akselerasi Kurikulum Merdeka, SMP Negeri Satap Nempong
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Paulus Asriadi
Date Deposited: 26 Feb 2025 01:31
Last Modified: 26 Feb 2025 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23642

Actions (login required)

View Item View Item