PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Pratama, I Putu Adi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031332-COVER.pdf

Download (576kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031332-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031332-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031332-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031332-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031332-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031332-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031332-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031332-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA Siswa Kelas IV di SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Non-Equivalen Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini dalah siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 90 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan yang dirandom adalah kelas sebagai intaks group sehingga didapat kelas IV SD Negeri 2 Paket Agung berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 1 Paket Agung berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang kemampuan berpikir kreatif IPA dikumpul melalui metode tes statistik inferensial (uji-t) dengan menggunakan tes essay bentuk uraian. Selanjutnya data analisis dengan menggunakan uji-t dengan thitung = 3,021 dan ttabel = 1,671 Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (3,021, > 1,671). Dari analisis data yang ditemukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Peta Pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Peta Pikiran, Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Adi Pratama
Date Deposited: 27 Jul 2020 10:14
Last Modified: 27 Jul 2020 10:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item