Pratama, I Putu Adi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031332-COVER.pdf Download (576kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031332-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031332-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031332-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031332-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031332-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031332-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031332-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031332-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA Siswa Kelas IV di SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Non-Equivalen Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini dalah siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 90 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan yang dirandom adalah kelas sebagai intaks group sehingga didapat kelas IV SD Negeri 2 Paket Agung berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 1 Paket Agung berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang kemampuan berpikir kreatif IPA dikumpul melalui metode tes statistik inferensial (uji-t) dengan menggunakan tes essay bentuk uraian. Selanjutnya data analisis dengan menggunakan uji-t dengan thitung = 3,021 dan ttabel = 1,671 Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (3,021, > 1,671). Dari analisis data yang ditemukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Peta Pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Peta Pikiran, Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Adi Pratama |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 10:14 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 10:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2533 |
Actions (login required)
View Item |