Putri, Kadek Dwi Utami (2025) PEMANFAATAN KACAMATA VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011037-COVER.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011037-ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2112011037-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011037-LAMPIRAN.pdf Download (953kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pemanfaatan kacamata virtual reality, peningkatan hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pemanfaatan kacamata virtual reality dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI.8 SMA Negeri 4 Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan angket. Subjek penelitian ini terdiri dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI.8 di SMA Negeri 4 Denpasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kacamata virtual reality berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks drama siswa terutama dalam hal penyusunan alur serta pengembangan karakter tokoh. Hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks drama mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 82,13 dengan kategori baik. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 78 dengan kategori positif dan meningkat pada siklus II menjadi 87 dengan kategori sangat positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kacamata virtual reality, keterampilan menulis, teks drama. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kadek Dwi Utami Putri |
Date Deposited: | 03 Aug 2025 03:26 |
Last Modified: | 03 Aug 2025 03:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |