PEMANFAATAN KACAMATA VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 DENPASAR

Putri, Kadek Dwi Utami (2025) PEMANFAATAN KACAMATA VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011037-COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011037-ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2112011037-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011037-LAMPIRAN.pdf

Download (953kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pemanfaatan kacamata virtual reality, peningkatan hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pemanfaatan kacamata virtual reality dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI.8 SMA Negeri 4 Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan angket. Subjek penelitian ini terdiri dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI.8 di SMA Negeri 4 Denpasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kacamata virtual reality berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks drama siswa terutama dalam hal penyusunan alur serta pengembangan karakter tokoh. Hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks drama mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 82,13 dengan kategori baik. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 78 dengan kategori positif dan meningkat pada siklus II menjadi 87 dengan kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kacamata virtual reality, keterampilan menulis, teks drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Utami Putri
Date Deposited: 03 Aug 2025 03:26
Last Modified: 03 Aug 2025 03:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26382

Actions (login required)

View Item View Item