Wijayanti, Ni Gusti Ayu Putu Windy (2025) ANALISIS SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071032-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071032-ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071032-BAB 3 METODELOGI PENELITTIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071032-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil self-efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Negara dalam pembelajaran IPA serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Negara yang berjumlah 85 siswa dan satu guru mata pelajaran IPA. Objek dalam penelitian ini adalah tingkat self-efficacy siswa dan faktor internal maupun eksternal yang memengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara. Metode analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk kuesioner, serta reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk hasil wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) hasil self-efficacy siswa menunjukkan bahwa sebanyak 12 siswa (14,1%) berada pada kategori tinggi, 26 siswa (30,6%) dalam kategori sedang, dan 47 siswa (55,3%) dalam kategori rendah; (2) self-efficacy siswa ditinjau dari tiga dimensi yaitu level, strength, dan generality menunjukkan bahwa dimensi strength memiliki skor rata-rata terendah, yang mengindikasikan lemahnya keyakinan yang stabil dalam diri siswa saat menghadapi kesulitan pembelajaran IPA; (3) faktor-faktor yang memengaruhi self-efficacy terdiri atas faktor internal dan eksternal. Seluruh indikator dalam faktor internal berada pada kategori rendah, dengan skor terendah pada indikator melakukan observasi keberhasilan teman sebaya (2,29). Sementara itu, faktor eksternal menunjukkan satu indikator yang berkategori tinggi, yaitu dukungan motivasi dari guru, apresiasi orang tua, dan penguatan dari teman, dengan skor tertinggi sebesar 3,71. Temuan ini menunjukkan bahwa pembentukan self-efficacy siswa lebih banyak dipengaruhi oleh dorongan lingkungan dibandingkan pengalaman internal siswa sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-efficacy, faktor self-efficacy, pembelajaran IPA |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Gusti Ayu Putu Windy Wijayanti |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:25 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |