Feby, Luh (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL BERBANTUAN CANVA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2113071009-COVER.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071009-ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui karakteristik media pembelajaran IPA kontekstual, kevalidan, kepraktisan, keterbacaan media pembelajaran IPA kontekstual pada materi sistem pernafasan untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), menggunakan model pengembangan 4D dan dibatasi pada tahap (develop). Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik produk, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan media pembelajaran IPA kontekstual yang dikumpulkan dengan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu, dua orang ahli pendidikan IPA, enam guru IPA SMP, dan lima belas orang siswa kelas VII SMP N 1 Kubutambahan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran IPA kontekstual yang dikembangkan mengacu pada pendekatan kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, memuat ciri khas produk seperti fitur- fitur penting yang memudahkan siswa belajar mandiri, memuat vidio pembelajaran dan dilengkapai dengan uji kompotensi di setiap akhir materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran IPA kontekstual memproleh skor 0.96 dengan katergori validitas sangatt tinggi. Hasil Kepraktisan dan keterbacaan memproleh skor rata- rata skor 4,6 dengan katergori sangat praktis, dan rata- rata skor 4,27 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran IPA Kontekstual dengan bantuan canva pada materi sistem pernafasan untuk siswa SMP/ MTs kelas VII dinyatakan valid, praktis, dan terbaca dan dapat dilanjukkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Canva, Sistem Penafasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | LUH FEBY ARISTA |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |