PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL BERBANTUAN CANVA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Feby, Luh (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL BERBANTUAN CANVA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2113071009-COVER.pdf

Download (619kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071009-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui karakteristik media pembelajaran IPA kontekstual, kevalidan, kepraktisan, keterbacaan media pembelajaran IPA kontekstual pada materi sistem pernafasan untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), menggunakan model pengembangan 4D dan dibatasi pada tahap (develop). Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik produk, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan media pembelajaran IPA kontekstual yang dikumpulkan dengan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu, dua orang ahli pendidikan IPA, enam guru IPA SMP, dan lima belas orang siswa kelas VII SMP N 1 Kubutambahan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran IPA kontekstual yang dikembangkan mengacu pada pendekatan kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, memuat ciri khas produk seperti fitur- fitur penting yang memudahkan siswa belajar mandiri, memuat vidio pembelajaran dan dilengkapai dengan uji kompotensi di setiap akhir materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran IPA kontekstual memproleh skor 0.96 dengan katergori validitas sangatt tinggi. Hasil Kepraktisan dan keterbacaan memproleh skor rata- rata skor 4,6 dengan katergori sangat praktis, dan rata- rata skor 4,27 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran IPA Kontekstual dengan bantuan canva pada materi sistem pernafasan untuk siswa SMP/ MTs kelas VII dinyatakan valid, praktis, dan terbaca dan dapat dilanjukkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Canva, Sistem Penafasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: LUH FEBY ARISTA
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:03
Last Modified: 07 Aug 2025 08:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item View Item