Sutriastini, Ni Ketut (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di Gugus VIII Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031017-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031017-ABSTRAK.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031017- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METDELOGI PENELITIAN)
1611031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (965kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031017-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Adapun penelitian ini ditujukan untuk menganalisis peran model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan basis Tri Hita Karana terhadap hasil pembelajaran IPAsiswa kelas IV. Dalam kenyataannya,sebagian besar guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang variatif danhal ini mengakibat materi pembelajaran kurang menarik perhatian para siswa. Dengan adanya hal tersebut,penelitian ini di dilakukan denganmetode eksperimenberupa rancangan non-equivalent post test only control group design dimana hasil akhirnya didapatkan pada akhir penelitian. Populasi yang diambil sebagai penelitian merupakan seluruh siswa kelas IV SD. Berdasarkan populasi tersebut diambil sampel penelitian dengan teknik simple random sampling sehingga terdapat hasil sampel berjumlah 55 siswa. Secara teknis,pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dimana instrumen tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang sebelumnya telah dilakukan analisis kualitas kelayakannya uji validitas, uji daya beda, indeks kesukaran dan uji reabilitas. Setelah data diperoleh dilanjutkan dengan analisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Analisis uji-t menunjukkan hasil bahwa nilai thitung= 5,628 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 74 diperoleh nilai ttabel= 2,000 sehingga thitung = 5,628 > ttabel = 2,000 maka jumlah ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis tersebut membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Think Talk Write Tri Hita Karana dengan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dengan basis Tri Hita Karana memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAuntuk siswa kelas IV. Oleh sebab itu model pembelajaran TTW berbasis Tri Hita Karana cocok diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa yang masih rendah. Sebagai hasilnya,model pembelajaran Talk Write berbasis Tri Hita Karana menunjukkan hasil belajar IPA yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang belum berdasarkan metode Talk Write berbasis Tri Hita Karana. Kata Kunci: TTW, THK, Hasil Belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TTW, THK, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Sutriastini |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:02 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2743 |
Actions (login required)
View Item |