PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Dewi, Ni Kadek Noviana Sastra (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031157-COVER.pdf

Download (329kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031157-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031157-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031157-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031157-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031157-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031157-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031157-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031157-LAMPIRAN.pdf

Download (974kB)

Abstract

Penelitian eksperimental mengenai pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA sudah banyak dilakukan, namun belum terdapat kajian lebih lanjut mengenai hasil-hasil penelitian tersebut untuk dirangkum dan dinilai kembali sehingga dapat menguatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan teknik analisis data yang digunakan adalah meta-analisis. Subjek penelitian ini adalah dua artikel yang berasal dari jurnal yang terakreditasi Sinta pada tahun 2017-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Hasil analisis kedua data artikel diperoleh besar effect size setiap artikel yaitu 1,91 dan 1,80 yang berarti termasuk ke dalam kategori tinggi. Perbedaan besar effect size dari artikel yang dianalisis disebabkan karena dua faktor yaitu faktor internal meliputi kesehatan dan psikologis, serta faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Hasil analisis tersebut menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa model kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan model pembelajaran kolaboratif memberikan pengaruh yang efektif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kolaboratif, hasil belajar IPA, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK NOVIANA SASTRA DEWI
Date Deposited: 27 Jul 2020 23:20
Last Modified: 27 Jul 2020 23:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item