META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Saputra, I Putu Agus Adi (2020) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031156-COVER.pdf

Download (330kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031156-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031156-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031156-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031156-LAMPIRAN.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA SD. Jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan teknik analisis data meta-analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu 7 artikel penelitian yang diterbitkan oleh jurnal terakreditasi Sinta pada tahun 2013-2019 pada jenjang sekolah dasar. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi pustaka dilanjutkan dengan mengkaji dan menyeleksi sesuai dengan kriteria subjek penelitian yang telah ditentukan. Penelitian ini menganalisis effect size pada masing-masing artikel. Berdasarkan analisis nilai pada setiap artikel penelitian diperoleh nilai tertinggi 1,34 yang termasuk dalam kategori besar dan ada artikel penelitian yang memperoleh nilai 0,78 yang memiliki kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Hal itu memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: meta analisis, inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I PUTU AGUS ADI SAPUTRA
Date Deposited: 28 Jul 2020 13:49
Last Modified: 28 Jul 2020 13:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item View Item