Widiantari, Ni Komang (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071007-COVER.pdf Download (396kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071007-ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1613071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1613071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1613071007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071007-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) karakteristik modul, (2) kevalidan bahasa dan materi,(3) kepraktisan dari modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri, (4) keefektifan dari modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasikan dengan model ADDIE. Prosedur pengembangan produk berbasis inkuiri terdiri atas, 1) analisis kebutuhan,2) tahap perencanaan,3) tahap pengembangan, 4) tahap uji coba terbatas. Modul pembelajaran berbasis inkuiri memiliki karakteristik berupa modul yang menekankan pada proses penemuan konsep melalui pemecahan masalah menggunakan sintaks pembelajaran inkuiri. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh validator dan diuji kepraktisan oleh praktisi. (1) hasil validasi bahasa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri ini mendapat nilai 86,7 yang menunjukkan kriteria sangat valid. (2) hasil uji kevalidan materi menggunakan analisis Gregory dan mendapat skor rata-rata 1,00 yang menunjukan bahwa buku yang dikembangkan valid, (3) hasil praktisi mendapatkan skor rata-rata sebesar 82,59 dengan kategori praktis. Uji keefektifan modul tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, inkuiri, interaksi makhluk hidup |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Widiantari |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 04:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 04:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2919 |
Actions (login required)
View Item |