Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Widiantari, Ni Komang (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071007-COVER.pdf

Download (396kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071007-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1613071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1613071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1613071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071007-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) karakteristik modul, (2) kevalidan bahasa dan materi,(3) kepraktisan dari modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri, (4) keefektifan dari modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasikan dengan model ADDIE. Prosedur pengembangan produk berbasis inkuiri terdiri atas, 1) analisis kebutuhan,2) tahap perencanaan,3) tahap pengembangan, 4) tahap uji coba terbatas. Modul pembelajaran berbasis inkuiri memiliki karakteristik berupa modul yang menekankan pada proses penemuan konsep melalui pemecahan masalah menggunakan sintaks pembelajaran inkuiri. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh validator dan diuji kepraktisan oleh praktisi. (1) hasil validasi bahasa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri ini mendapat nilai 86,7 yang menunjukkan kriteria sangat valid. (2) hasil uji kevalidan materi menggunakan analisis Gregory dan mendapat skor rata-rata 1,00 yang menunjukan bahwa buku yang dikembangkan valid, (3) hasil praktisi mendapatkan skor rata-rata sebesar 82,59 dengan kategori praktis. Uji keefektifan modul tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul, inkuiri, interaksi makhluk hidup
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Komang Widiantari
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:15
Last Modified: 29 Jul 2020 04:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item