Jannah, Siti Miftahul (2020) EFEKTIVITAS TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DAN TEKNIK THINK PAIR SHARE MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031029-ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (629kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031029-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa yang rendah diakibatkan oleh kurang bervariasinya teknik pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran tematik, hal ini menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan teknik TSTS dan TPS melalui Lesson Study dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan guru kelas pada hasil belajar siswa kelas IV B. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain Randomize control Trials (RCTs). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sejumlah 34 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok eksperimen sebanyak 17 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 17 orang siswa. Data yang terkumpul menggunakan tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independet Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pendekatan tematik siswa kelompok eksperimen sebesar 23,05 dan kelompok kontrol sebesar 19,82. Dan dilakukan uji hipotesis pada tabel keputusan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,030 yang berarti nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,030 < 0,05), salah satu implikasi melalui teknik ini yaitu membuat siswa semangat dan antusias karena merasakan metode belajar yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan teknik TSTS dan teknik TPS melalui lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan guru kelas pada hasil belajar siswa. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa teori konstruktivistik dengan teknik TSTS dan TPS melalui lesson study efektif meningkatkan hasil beljar siswa kelas IV B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Lesson Study |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Siti Miftahul Jannah |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2929 |
Actions (login required)
View Item |