EFEKTIVITAS TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DAN TEKNIK THINK PAIR SHARE MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Jannah, Siti Miftahul (2020) EFEKTIVITAS TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DAN TEKNIK THINK PAIR SHARE MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031029-ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031029-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah diakibatkan oleh kurang bervariasinya teknik pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran tematik, hal ini menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan teknik TSTS dan TPS melalui Lesson Study dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan guru kelas pada hasil belajar siswa kelas IV B. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain Randomize control Trials (RCTs). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sejumlah 34 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok eksperimen sebanyak 17 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 17 orang siswa. Data yang terkumpul menggunakan tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independet Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pendekatan tematik siswa kelompok eksperimen sebesar 23,05 dan kelompok kontrol sebesar 19,82. Dan dilakukan uji hipotesis pada tabel keputusan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,030 yang berarti nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,030 < 0,05), salah satu implikasi melalui teknik ini yaitu membuat siswa semangat dan antusias karena merasakan metode belajar yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan teknik TSTS dan teknik TPS melalui lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan guru kelas pada hasil belajar siswa. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa teori konstruktivistik dengan teknik TSTS dan TPS melalui lesson study efektif meningkatkan hasil beljar siswa kelas IV B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Lesson Study
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Siti Miftahul Jannah
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:23
Last Modified: 29 Jul 2020 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item