IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN M-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASTRI PRATIWI, RIZKYTA (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN M-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021031-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021031-ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1613021031-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021031-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Studi awal mengindikasikan keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran fisika di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sawan tergolong rendah. Solusi alternatif permasalahan ini adalah implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memilik tujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sawan yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning, keterampilan berpikir kritis siswa, dan tanggapan siswa. Instrumen penelitian ini adalah: 1) tes keterampilan berpikir kritis dan 2) Angket tanggapan siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa siklus I sebesar X 69,7 dengan ketuntasan klasikal 87,1%, 2) nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa siklus II sebesar X 77,9 dengan ketuntasan klasikal 96,8%, dan 3) skor rata-rata tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning adalah X 79,2 dan berada pada kategori positif. Simpulan penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sawan dalam pembelajaran fisika dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Mobile Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: RISKYTA ASTRI PRATIWI
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:27
Last Modified: 29 Jul 2020 02:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item View Item