ASTRI PRATIWI, RIZKYTA (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN M-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021031-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021031-ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1613021031-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Studi awal mengindikasikan keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran fisika di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sawan tergolong rendah. Solusi alternatif permasalahan ini adalah implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memilik tujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sawan yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning, keterampilan berpikir kritis siswa, dan tanggapan siswa. Instrumen penelitian ini adalah: 1) tes keterampilan berpikir kritis dan 2) Angket tanggapan siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa siklus I sebesar X 69,7 dengan ketuntasan klasikal 87,1%, 2) nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa siklus II sebesar X 77,9 dengan ketuntasan klasikal 96,8%, dan 3) skor rata-rata tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning adalah X 79,2 dan berada pada kategori positif. Simpulan penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sawan dalam pembelajaran fisika dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan m-learning di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Mobile Learning, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | RISKYTA ASTRI PRATIWI |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3119 |
Actions (login required)
View Item |