Azhari, Sofia (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 DENPASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1613021049-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021049-ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021049-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis (1) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika, (2) mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dengan prestasi belajar fisika, dan (3) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dan sikap ilmiah dengan prestasi belajar fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Denpasar yang berjumlah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, yaitu menggunakan teknik proportional random sampling yang berjumlah 205 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes uraian. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner motivasi belajar dan sikap ilmiah masing-masing sebesar 0,90 dan 0,88, sedangkan tes prestasi belajar sebesar 0,70. Adapun uji asumsi yang dilakukan terdiri dari uji normalitas, linieritas dan keberartian arah regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 119,21; sikap ilmiah berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 119,84; dan prestasi belajar fisika siswa berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 50,19. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini (1) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi sebesar 0,20 dan sumbangan efektif sebesar 2,74%, (2) terapat hubungan positif antara sikap ilmiah dengan prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi sebesar 0,19 dan sumbangan efektif sebesar 2,06%, dan (3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan sikap ilmiah dengan prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi sebesar 0,22 dan sumbangan efektif sebesar 4,80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap ilmiah, prestasi belajar fisika, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Sofia Azhari |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:00 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 03:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3127 |
Actions (login required)
View Item |