EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA SD TAHUN 2020

GIRI, NI KETUT SILA WARNINGSIH (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA SD TAHUN 2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031264-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031264-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031264-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1611031264-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1611031264-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031264-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031264-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031264-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031264-LAMPIRAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Probing Prompting dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa SD. Penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pencatatan dokumen. Berdasarkan beberapa artikel penelitian sejenis dengan penelitian ini yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, diperoleh delapan penelitian yang memenuhi kriteria dan merupakan penelitian eksperimen yang mengangkat tentang model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran matematika. Terdapat dua teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan meta-analisis. Berdasarkan hasil analisis delapan penelitian diperoleh secara keseluruhan rata-rata effect size model pembelajaran probing prompting adalah sebesar 0,67. Angka effect size tersebut berada pada kategori sedang. Meskipun besaran pengaruh effect size secara keseluruhan berada pada kategori sedang, model pembelajaran probing prompting tetap memenuhi kualifikasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari temuan empirik pada masing-masing penelitian, seperti penelitian yang dilakukan oleh Purwadi (2018) menemukan bahwa model pembelajaran Probing Prompting memiliki pengaruh yang baik dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan perolehan nilai thitung=2,274 > ttabel=1,685. Selain itu, hasil penelitian Lestari (2017) memperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi segi empat dengan perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 82,96. Temuan beberapa penelitian tersebut membangun dan menguatkan suatu kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbukti bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, Pemahaman Konsep Matematika,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KETUT SILA WARNINGSIH GIRI
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:04
Last Modified: 28 Jul 2020 21:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item