GIRI, NI KETUT SILA WARNINGSIH (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA SD TAHUN 2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031264-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031264-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031264-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1611031264-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1611031264-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031264-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031264-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031264-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031264-LAMPIRAN.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Probing Prompting dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa SD. Penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pencatatan dokumen. Berdasarkan beberapa artikel penelitian sejenis dengan penelitian ini yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, diperoleh delapan penelitian yang memenuhi kriteria dan merupakan penelitian eksperimen yang mengangkat tentang model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran matematika. Terdapat dua teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan meta-analisis. Berdasarkan hasil analisis delapan penelitian diperoleh secara keseluruhan rata-rata effect size model pembelajaran probing prompting adalah sebesar 0,67. Angka effect size tersebut berada pada kategori sedang. Meskipun besaran pengaruh effect size secara keseluruhan berada pada kategori sedang, model pembelajaran probing prompting tetap memenuhi kualifikasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari temuan empirik pada masing-masing penelitian, seperti penelitian yang dilakukan oleh Purwadi (2018) menemukan bahwa model pembelajaran Probing Prompting memiliki pengaruh yang baik dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan perolehan nilai thitung=2,274 > ttabel=1,685. Selain itu, hasil penelitian Lestari (2017) memperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi segi empat dengan perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 82,96. Temuan beberapa penelitian tersebut membangun dan menguatkan suatu kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbukti bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing Prompting, Pemahaman Konsep Matematika, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KETUT SILA WARNINGSIH GIRI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 21:04 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 21:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3179 |
Actions (login required)
View Item |