META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Putra, I GEDE DIYANA (2020) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031406-COVER.pdf

Download (445kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031406-ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031406-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031406-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031406-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031406-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1611031406-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031406-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031406-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat 45 ddokumen hasild drisetd ddari dtahun 2013 s/d 2020 di dGaruda : garda rujukan digital dengan kata kunci model pembelajarand dScramble terhadap IPA. Hasil itu menunjukkan bahwa model ini memberikan pengaruh terhadapd pembelajaran IPA. Namun dbelum ada penelitian lanjut mengenai model pembelajaran Scrambled di sekolah dasar. Sehinggad, perlu dilakukan meta-analisis atau penelitian lanjutan mengenaid dmodel ini dengan pembelajaran dIPA di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisd dbesar pengaruh penggunaan dmodel pembelajaran Scramble terhadap pembelajaran IPA di sekolahd ddasar secara keseluruhan. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian berjumlahd sepuluh dipilih berdasarkan dpenjaringan dengan ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya. d dKhususnya penelitian eksperimen dpenggunaan model pembelajaran Scramble terhadap Pembelajarand dIPA di sekolah dasar. Pendekatan dyang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effectd dsize dari sepuluh artikel dengan dmengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungand pada uji-t. Dari hasil penelitian ddiketahui bahwa dari tiga puluh tiga jurnal tersebut hanya ddidapatkan Sepuluh jurnal yang dmemenuhi kriteria penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa d7 djurnal memiliki nilai effect size ddalam kategori besar dan 3 jurnal menunjukkan Effect Size dalam dkategori sedang. Rata-rata nilai deffect size model pembelajaran Scramble sebesar 1,58. Angka tersebut dbermakna bahwa perlakuan dmodel pembelajaran Scramble dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dmemberikan pengaruh dyang besar terhadap siswa. Hasil ini diharapkan mampu dijadikan pertimbangan untuk memilih model dini dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Meta-Analisis, Effect Size
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Model Scramble, IPA SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Diyana Putra
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:12
Last Modified: 29 Jul 2020 06:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item