Sriningsih, Ni Putu Tiyas (2020) Hubungan Antara Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021036-COVER.pdf Download (586kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021036-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021036-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hubungan self-efficacy dan prestasi belajar fisika, (2) mendeskripsikan hubungan motivasi berprestasi dan prestasi belajar fisika, dan (3) mendeskripsikan hubungan self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tabanan yang berjumlah 577 siswa. Sampel penelitian berjumlah 238 siswa ditentukan secara propotional random sampling. Data self-efficacy dan motivasi berprestasi dikumpulkan melalui kuesioner dengan reliabilitas masing-masing 0,892 dan 0,877. Data prestasi belajar fisika dikumpulkan dengan tes esai dengan reliabilitas 0,708. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, dan uji korelasi. Hasil penenelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) self-efficacy dan motivasi berprestasi siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tabanan tergolong tinggi. (2) Prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tabanan tergolong rendah. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tabanan (F=84,62; p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 17,99%. (4) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tabanan (F=55,13; p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 11,41%. (5) Terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tabanan dengan (F=48,92; p<0,05) sumbangan efektif sebesar 29,40 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-efficacy, motivasi berprestasi, prestasi belajar fisika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | NI PUTU TIYAS SRININGSIH |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:32 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3369 |
Actions (login required)
View Item |