Sripangjaya, Komang Agus (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031154-COVER.pdf Download (693kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031154-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031154-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031154-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031154-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031154-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031154-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031154-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031154-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V (6 kelas) di Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 132 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SDN 2 Selat dengan jumlah 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan SDN 4 Selat dengan berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS yang dikumpulkan dengan metode tes, berupa tes pilihan ganda dengan jumlah 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan rata-rata siswa pada kelompok eksperimen sebesar 22,61 dan skor rata-rata siswa pada kelompok kontrol sebesar 18,55. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,02. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, group investigation, video |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KOMANG AGUS SRIPANGJAYA |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:46 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3521 |
Actions (login required)
View Item |