Strategi Pembelajaran Guru Fisika: Analisis Berdasarkan Perkembangan Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Sosial Siswa di SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pengajaran 2019/2020

Kusuma, Putu Karyana (2020) Strategi Pembelajaran Guru Fisika: Analisis Berdasarkan Perkembangan Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Sosial Siswa di SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pengajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313021069-COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313021069-ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313021069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313021069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313021069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313021069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1313021069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313021069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313021069-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran guru fisika di SMA Negeri 2 Singaraja; (2) Mendeskripsikan kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 2 Singaraja; (3) Mendeskripsikan kompetensi sosial peserta didik di SMA Negeri 2 Singaraja; (4) Mendeskripsikan strategi pembelajaran guru fisika analisis kualitatif berdasarkan kecerdasan emosional dan kopetensi sosial di SMA Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, pemberian kuisioner, dokumentasi, alat perekam audio visual, serta triangulasi. Informasi sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika serta siswa SMA Negeri 2 Singaraja pada semester genap, tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah guru yang dang digunakan sebagai sumber data adalah satu guru. Analisis data dilakukan secara periodic selama dan setelah pengumpulan data melalui tiga tahap, yaitu (1) reduksi data, (2) paparan data, (3) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran yang digunakan guru di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Singaraja, meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Adapun langkah dalam penerapan strategi pembelajaran yang diterapkan guru, yaitu: 1) persiapan, 2) kegiatanpen dahuluan, 3) kegiataninti, 4) menyimpulkan, 5) mengaplikasikan. (2) Kecerdasan emosional yang dimiliki siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja meliputi kesadaran diri yang dimiliki siswa untuk memahami emosi yang dirakakan di lingkungan sekitar. Siswa mempunyai pengendalian diri yang baik, dimana siswa mampu menentukan tindakan baik dan buruk. (3) Kompetensi sosial yang dimiliki siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja melipiti cara berinteraksi dengan teman dan oerang-orang disekitarnya. Siswa pintar memilih teman yang mampu memotifasi dan berpterstasi dalam bidang akademik. (4) Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru mampu mengembangkan kecerdasan emosional dan kompetensi sosial siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 2 Singaraja. Strategi guru yang tidak monoton dan berpariasi menarik minat siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran guru, perkembangan kecerdasan emosional, dan kompetensi sosial siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Putu Karyana Kusuma
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:30
Last Modified: 30 Jul 2020 03:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3731

Actions (login required)

View Item View Item