PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Aen, Quratul (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021076-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021076-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021076-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021076-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya pembelajaran fisika dalam kehidupan sehari-hari mewajibkan guru untuk membentuk kondisi-kondisi belajar yang menyenangkan supaya siswa memiliki prestasi belajar yang lebih baik dalam mata pelajaran fisika. Hal tersebut belum bisa tercapai secara optimal di kelas XI MIA 2. Permasalahan yang didapatkan yaitu terletak pada proses belajar yang kurang menarik di karenakan metode yang digunakan oleh guru hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika, serta mendeskripsiskan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe POE dalam pelajaran fisika. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diterapkan dalam dua siklus. Data motivasi belajar serta tanggapan siswa di kumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar siswa di kumpulkan dengan tes. Data penelitian ini diamati secara deskriptif. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan (1) motivasi belajar siklus I berada didalam kategori cukup dengan X ̅ = 89,78 SD = 10,26 dan motivasi belajar siklus II berada dalam kategori tinggi dengan X ̅ = 94,56 SD = 10,00, (2) prestasi belajar fisika siswa siklus I memiliki ketuntasan klasikal sebesar 86,95% dengan X ̅ = 77,04, SD = 7,75 dan prestasi belajar fisika siswa siklus II memiliki nilai ketuntasan klasikal sebesar 91,30% dengan X ̅= 86,00, SD = 8,17 dan (3) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe POE dalam kategori sangat positif dengan nilai X ̅= 49 dan SD = 3 serta mampu meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Model kooperatif tipe POE, motivasi belajar dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe POE, motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: QURATUL AEN
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:42
Last Modified: 20 Oct 2020 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item View Item