Andira, Ayu (2020) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Aktivitas dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041040-COVER.pdf Download (483kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041040-ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1613041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; pertama, hubungan kecerdasan emosional dengan aktivitas belajar biologi. Kedua, hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar biologi siswa SMA. Penelitian ini memiliki jenis penelitian korelasional dengan (simple random sampling) dengan rancangan. Jumlah sampel yang dilibatkan pada penelitian ini adalah 30 orang siswa yang dipilih secara acak. Digunakan instrumen yang antara lain sebagai berikut (1) Kuesioner 30 item untuk mendata kecerdasan emosional siswa; (2) kuesioner 25 item untuk mendata aktivitas belajar siswa; (3) mendata prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini, didapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan aktivitas belajar siswa dengan sig sebesar 0,011 (sig. < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, kecerdasan emosional mempengaruhi aktivitas belajar siswa saat pembelajaran biologi yang berlangsung di kelas. Untuk hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, tidak terdapat hubungan yang positif. Hal ini dikarenakan nilai sig. sebesar 0,138 (sig. > 0,05). Artinya kecerdasan emosional tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, aktivitas belajar, prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | AYU ANDIRA BR BANGUN |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:19 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4142 |
Actions (login required)
View Item |