Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Aktivitas dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaraja

Andira, Ayu (2020) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Aktivitas dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041040-COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041040-ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1613041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041040-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; pertama, hubungan kecerdasan emosional dengan aktivitas belajar biologi. Kedua, hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar biologi siswa SMA. Penelitian ini memiliki jenis penelitian korelasional dengan (simple random sampling) dengan rancangan. Jumlah sampel yang dilibatkan pada penelitian ini adalah 30 orang siswa yang dipilih secara acak. Digunakan instrumen yang antara lain sebagai berikut (1) Kuesioner 30 item untuk mendata kecerdasan emosional siswa; (2) kuesioner 25 item untuk mendata aktivitas belajar siswa; (3) mendata prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini, didapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan aktivitas belajar siswa dengan sig sebesar 0,011 (sig. < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, kecerdasan emosional mempengaruhi aktivitas belajar siswa saat pembelajaran biologi yang berlangsung di kelas. Untuk hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, tidak terdapat hubungan yang positif. Hal ini dikarenakan nilai sig. sebesar 0,138 (sig. > 0,05). Artinya kecerdasan emosional tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: AYU ANDIRA BR BANGUN
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:19
Last Modified: 20 Oct 2020 03:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4142

Actions (login required)

View Item View Item