MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PETA PIKIRAN, KETERAMPILAN SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Dewi, Nurul Aulia (2020) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PETA PIKIRAN, KETERAMPILAN SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829091018-COVER.pdf

Download (363kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829091018-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829091018-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan sosial dan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan disain penelitian eksperimen semu melalui rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 341 orang, tersebar di sepuluh kelas. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling, ditentukan kelas VIII 4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 34 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes yang selanjutnya data dianalisis dengan manova sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan F hitung = 78,743 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 125,434 (p < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan sosial dan kompetensi pengetahuan IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan F Wilks' Lambda = 1644,722 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Peta Pikiran, Keterampilan Sosial, Kompetensi Pengetahuan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Nurul Aulia Dewi
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:20
Last Modified: 22 Oct 2020 06:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item