Dewi, Nurul Aulia (2020) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PETA PIKIRAN, KETERAMPILAN SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829091018-COVER.pdf Download (363kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829091018-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (63kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829091018-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan sosial dan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan disain penelitian eksperimen semu melalui rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 341 orang, tersebar di sepuluh kelas. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling, ditentukan kelas VIII 4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 34 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes yang selanjutnya data dianalisis dengan manova sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan F hitung = 78,743 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 125,434 (p < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan sosial dan kompetensi pengetahuan IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan F Wilks' Lambda = 1644,722 (p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Peta Pikiran, Keterampilan Sosial, Kompetensi Pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Nurul Aulia Dewi |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 06:20 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 06:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4352 |
Actions (login required)
View Item |