Misnawan, I Wayan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD Kelas III Di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031302-COVER.pdf Download (854kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031302-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031302-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031302-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031302-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031302-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031302-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031302-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031302-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SQ3R Berbatuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD kelas III di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas III SD Negeri 3 Panji sebanyak 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5 Panji sebanyak 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (t- test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata keterampilan membaca di kelas eksperimen 80 dan di kelas kontrol 65, sedangkan thitung diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa model pembelajaran SQ3R Berbatuan Buku Cerita berpengaruh positif terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD kelas III di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran SQ3R sebagai acauan dan kajian pustaka dalam menggunakan berbagai model pembelajaran yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan membaca, SQ3R, buku cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Misnawan |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 09:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 09:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4376 |
Actions (login required)
View Item |