Misnawan, I Wayan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD Kelas III Di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
| 
              
Text (COVER)
 1611031302-COVER.pdf Download (854kB)  | 
          |
| 
              
Text (ABSTRAK)
 1611031302-ABSTRAK.pdf Download (32kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
 1611031302-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
 1611031302-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
 1611031302-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
 1611031302-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB 5 PENUTUP)
 1611031302-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (DAFTAR PUSTAKA)
 1611031302-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB)  | 
          |
| 
              
Text (LAMPIRAN)
 1611031302-LAMPIRAN.pdf Download (5MB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SQ3R Berbatuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD kelas III di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas III SD Negeri 3 Panji sebanyak 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5 Panji sebanyak 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (t- test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata keterampilan membaca di kelas eksperimen 80 dan di kelas kontrol 65, sedangkan thitung diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa model pembelajaran SQ3R Berbatuan Buku Cerita berpengaruh positif terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD kelas III di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran SQ3R sebagai acauan dan kajian pustaka dalam menggunakan berbagai model pembelajaran yang inovatif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan membaca, SQ3R, buku cerita | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools  | 
        
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) | 
| Depositing User: | I Wayan Misnawan | 
| Date Deposited: | 22 Oct 2020 09:06 | 
| Last Modified: | 22 Oct 2020 09:06 | 
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4376 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
