Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD Kelas III Di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020

Misnawan, I Wayan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD Kelas III Di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031302-COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031302-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031302-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031302-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031302-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031302-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031302-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031302-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031302-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SQ3R Berbatuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD kelas III di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas III SD Negeri 3 Panji sebanyak 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5 Panji sebanyak 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (t- test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata keterampilan membaca di kelas eksperimen 80 dan di kelas kontrol 65, sedangkan thitung diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa model pembelajaran SQ3R Berbatuan Buku Cerita berpengaruh positif terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD kelas III di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran SQ3R sebagai acauan dan kajian pustaka dalam menggunakan berbagai model pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, SQ3R, buku cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Misnawan
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:06
Last Modified: 22 Oct 2020 09:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item