Aryati, Ni Made Supadmi (2021) PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071014-COVER.pdf Download (294kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071014-ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (78kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1829071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071014-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Supadmi, A, Ni Made. 2021. Pengaruh Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Sejarah. Tesis, Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Dr. Ketut Agustini, S.Si., M.Si. dan Pembimbing II: Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd. Kata Kunci : Discovery Learning, Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan sikap sosial antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang mengikuti model Pengajaran Konvensional. Maka dilaksanakan penelitian eksperimen dengan mengambil populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam tiga kelas dengan kemampuan yang homogen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis multivariate. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis seperti yang telah diuraikan, dapat diambil beberapa simpulan yaitu: 1) Terdapat perbedaan secara bersama-sama pemahaman konsep dan sikap sosial antara siswa yang belajar menggunakan discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Nilai F Pillai's trace, Wilks' lambda, Hotelling's trace, Roy's largest root sebesar 106,701 dengan taraf signifikansi p<0,05. 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Nilai Fhitung diperoleh sebesar 211,878 dan Ftabel sebesar 3,99. Jika dibandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel didapatkan bahwa Fhitung>Ftabel dengan taraf signifikansi (p) < 0,05. Rata-rata pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar menggunakan model discovery learning sebesar = 81,58 lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yang memiliki rata-rata = 69,24. 3) Terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang belajar menggunakan discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Nilai Fhitung diperoleh sebesar 8,827 dan Ftabel sebesar 3,99. Jika dibandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel didapatkan bahwa Fhitung>Ftabel dengan taraf signifikansi (p) < 0,05. Rata-rata sikap sosial kelompok siswa yang belajar menggunakan model discovery learning sebesar = 153,76 lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yang memiliki rata-rata = 143,70.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Made Supadmi Aryati |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 15:41 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 15:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5430 |
Actions (login required)
View Item |