PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Aryati, Ni Made Supadmi (2021) PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829071014-COVER.pdf

Download (294kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829071014-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1829071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829071014-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Supadmi, A, Ni Made. 2021. Pengaruh Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Sejarah. Tesis, Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Dr. Ketut Agustini, S.Si., M.Si. dan Pembimbing II: Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd. Kata Kunci : Discovery Learning, Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan sikap sosial antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang mengikuti model Pengajaran Konvensional. Maka dilaksanakan penelitian eksperimen dengan mengambil populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam tiga kelas dengan kemampuan yang homogen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis multivariate. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis seperti yang telah diuraikan, dapat diambil beberapa simpulan yaitu: 1) Terdapat perbedaan secara bersama-sama pemahaman konsep dan sikap sosial antara siswa yang belajar menggunakan discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Nilai F Pillai's trace, Wilks' lambda, Hotelling's trace, Roy's largest root sebesar 106,701 dengan taraf signifikansi p<0,05. 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Nilai Fhitung diperoleh sebesar 211,878 dan Ftabel sebesar 3,99. Jika dibandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel didapatkan bahwa Fhitung>Ftabel dengan taraf signifikansi (p) < 0,05. Rata-rata pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar menggunakan model discovery learning sebesar = 81,58 lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yang memiliki rata-rata = 69,24. 3) Terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang belajar menggunakan discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Nilai Fhitung diperoleh sebesar 8,827 dan Ftabel sebesar 3,99. Jika dibandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel didapatkan bahwa Fhitung>Ftabel dengan taraf signifikansi (p) < 0,05. Rata-rata sikap sosial kelompok siswa yang belajar menggunakan model discovery learning sebesar = 153,76 lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yang memiliki rata-rata = 143,70.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Ni Made Supadmi Aryati
Date Deposited: 22 Feb 2021 15:41
Last Modified: 22 Feb 2021 15:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5430

Actions (login required)

View Item View Item