PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK KABUPATEN BULELENG TAHUN 2020/2021

Rista, Bella Vira (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK KABUPATEN BULELENG TAHUN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061027-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061027-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (427kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061027-LAMPIRAN.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan penelitian model RDR (Research, Development, Research). Subjek pada penelitian ini yaitu siswa Kelompok A Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Buleleng. Variabel yang diteliti yaitu instrumen kemampuan mengenal konsep bilangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan dan dianalisis dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa validitas dan reliabilitas instrumen dikategorikan sangat baik. Hasil pada uji validitas ditunjukan dengan skor 0,91. Sedangkan untuk hasil dari uji reliabilitas ditunjukan dengan skor 0,81. Penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan guru dalam proses pembelajaran untuk anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Buleleng dalam mengenal konsep bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, konsep bilangan, pendidikan anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: BELLA VIRA RISTA
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:41
Last Modified: 25 Feb 2021 03:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5740

Actions (login required)

View Item View Item