PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 4 SINGARAJA

Gunawan, Putu Agus (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1617011074-COVER.pdf

Download (404kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1617011074-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1617011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1617011074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1617011074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1617011074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1617011074-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1617011074-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa kelas VIIIB3 SMPN 4 Singaraja menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPS. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Singaraja, dengan menggunakan subjek siswa kelas VIIIB3 sebanyak 36 siswa. Objek pada penelitian ini adalah keterampilan sosial siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara, dengan instrumen kisi-kisi instrumen keterampilan sosial dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, pada tahap pra tindakan, rata-rata keterampilan siswa sebesar 64%. Tahap siklus I, keterampilan sosial siswa naik menjadi 76%, dan pada siklus II, keterampilan sosial siswa juga mengalami kenaikan menjadi 84% dan sudah masuk ke dalam kategori baik. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VIIIB3 SMPN 4 Singaraja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial;Pembelajaran Berbasis Masalah; Keterampilan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Putu Agus Gunawan
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:28
Last Modified: 16 Jul 2021 02:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6542

Actions (login required)

View Item View Item