Gunawan, Putu Agus (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1617011074-COVER.pdf Download (404kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1617011074-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1617011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1617011074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1617011074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1617011074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1617011074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1617011074-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa kelas VIIIB3 SMPN 4 Singaraja menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPS. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Singaraja, dengan menggunakan subjek siswa kelas VIIIB3 sebanyak 36 siswa. Objek pada penelitian ini adalah keterampilan sosial siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara, dengan instrumen kisi-kisi instrumen keterampilan sosial dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, pada tahap pra tindakan, rata-rata keterampilan siswa sebesar 64%. Tahap siklus I, keterampilan sosial siswa naik menjadi 76%, dan pada siklus II, keterampilan sosial siswa juga mengalami kenaikan menjadi 84% dan sudah masuk ke dalam kategori baik. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VIIIB3 SMPN 4 Singaraja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Pengetahuan Sosial;Pembelajaran Berbasis Masalah; Keterampilan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Putu Agus Gunawan |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 02:28 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 02:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6542 |
Actions (login required)
View Item |