PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN STEAM-PjBL PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dewi, Ni Putu Linda Krisna (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN STEAM-PjBL PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031027-COVER.pdf

Download (758kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031027-ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031027-LAMPIRAN.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berpendekatan STEAM-PjBL pada tema 2 selalu berhemat energi muatan IPA kelas IV sekolah dasar yang valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan (2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini berpedoman pada prosedur ADDIE yang terdiri dari beberapa 5 tahapan, yaitu yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan desain, 2 orang ahli praktisi, 4 orang siswa untuk uji coba perorangan, dan 7 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Objek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berpendekatan STEAM-PjBL. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuisioner dan instrumen rating scale dengan skala 4. Data hasil penilaian dianalisis menggunakan rumus Mean untuk memperoleh rata-rata skor. Skor validasi keseluruhan perangkat pembelajaran yaitu RPP berdasarkan ahli materi = 3,81, LKPD berdasarkan ahli materi = 3,82, LKPD berdasarkan ahli media = 3,76, LKPD berdasarkan ahli desain = 3,85, LKPD berdasarkan uji perorangan = 3,77, LKPD berdasarkan uji kelompok kecil = 3,68 dengan kualifikasi keseluruhan adalah “sangat baik”. Sehingga dari analisis tersebut perangkat pembelajaran berpendekatan STEAM-PjBL yang telah melalui uji coba dari beberapa ahli tersebut dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, STEAM-PjBL, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Linda Krisna Dewi
Date Deposited: 25 Jul 2021 14:18
Last Modified: 25 Jul 2021 14:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7367

Actions (login required)

View Item View Item